Minggu, 15 April 2012

Pengertian Sistem Informasi

Setiap Universitas memiliki banyak fakultas dan jurusan. Mulai dari kedokteran, ilmu komputer, ilmu sosial dan politik, juga ilmu budaya. Universitas Gunadarma, salah satu universitas swasta yang cukup mempunyai nama yang besar di dunia pendidikan tingkat tinggi. Bahkan Universitas Gunadarma merupakan PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Januari 2012.

Universitas Gunadarma memiliki enam Fakultas, dimana setiap Fakultas terdiri dari beberapa Jurusan. Salah satu Fakultas yang ada di Universitas Gunadarma adalah Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, yang terbagi menjadi 2 jurusan program studi sarjana dan 2 jurusan program studi diploma. Salah satu jurusan program studi sarjana adalah Sistem Informasi.

Sebagai salah satu Mahasiswi Gunadarma yang mengambil jurusan Sistem Informasi, saya akan membahas secara singkat mengenai Sistem Informasi dan apa kegunaan Sistem Informasi.

Sistem Informasi adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya atau Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.

Menurut Robert A. Leitch, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  • Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi mempunyai enam buah komponen atau disebut juga dengan blok bangunan (building block), yaitu :

(1) Komponen input atau komponen masukan
(2) Komponen model
(3) Komponen output atau komponen keluaran
(4) Komponen teknologi
(5) Komponen basis data
(6) Komponen kontrol atau komponen pengendalian.

Keenam komponen ini harus ada bersama-sama dan membentuk satu kesatuan. Jika satu atau lebih komponen tersebut tidak ada, maka sistem informasi tidak akan dapat melakukan fungsinya, yaitu pengolahan data dan tidak dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat. Komponen-komponen dari sistem informasi ini dapat digambarkan sebagai berikut ini :

1. Blok Masukan (Input Block)
Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi.

2. Blok Model (Model Block)
Kombinasi prosedur, logika, dan model matemetik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diingiinkan.

3. Blok Keluaran (Output Block)
Keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai system.

4. Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan kotak alat (tool box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.

5. Blok Basis Data (Database Block)
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu sama lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

6. Blok Kendali (Control block)
Beberapa pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi gangguan-gangguan terhadap system.

  • Sistem Informasi dalam Tingkatan Organisasi

Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dilakukan melalui system informasi manajemen (SIM) untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.

SIM dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

SIM selalu berhubungan dengan pengolahan informasi yang didasarkan pada komputer. SIM merupakan kumpulan dari sistem-sistem informasi, antara lain sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi personalia, dsb.

Sistem-sistem informasi dimasudkan untuk memberikan informasi kepada semua tingkatan manajemen yaitu ; manajemen tingkat atas, manajemen tingkat menengah dan manajemen tingkat bawah. Pada manajemen tingkat atas (top level management), kegiatan manajemen yang dilakukan adalah perencanaan strategi. Pada manajemen tingkat menengah (middle level management), kegiatan manajemen yang dilakukan adalah pengendalian. Sedangkan pada manajemen tingkat bawah (low level management) atau disebut juga operating management, kegiatan yang dilakukan adalah pengendalian operasi.

          Jadi, Sistem Informasi bisa disebut sebagai Suatu sistem yang menyediakan informasi untuk membantu pengguna menyelesaikan masalah yang ada.

          Sebenarnya, masih banyak yang dapat di bahas tentang Sistem Informasi, namun karena keterbatasan saya hanya dapat membahas secara singkat. Mungkin lain waktu, saya akan menjelaskan secara menyeluruh.

Sumber :
  • Materi Staffsite Bapak Parno Dosen Universitas Gunadarma (Pengertian Sistem Informasi)
  • Materi Sttafsite Ibu Fitrianingsih Dosen Universitas Gunadarma (Komponen SI dan SI dalam Tingkatan Organisasi)

2 comments:

tulisanpunberceritaaa** mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai sistem informasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6182/1/Dokumen%20Presentasi.pdf semoga bermanfaat yaa :)

tulisanpunberceritaaa** mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai sistem informasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6182/1/Dokumen%20Presentasi.pdf semoga bermanfaat yaa :)

Poskan Komentar