Sabtu, 30 November 2013

Membuat WBS Sesuai Penulisan Ilmiah ( Vclass AKS1 )

Work Breakdown Structure (WBS) adalah suatu kegiatan pembagian / pemecahan suatu pekerjaan menjadi lebih kecil (sub-kegiatan) dengan tujuan membuat pekerjaan itu menjadi lebih terperinci mengenai tugas-tugas yang harus diselesaikan dan estimasi dari pekerjaan tersebut. Work Breakdown Structure (WBS) diperlukan untuk melihat sedetail mungkin pekerjaan yang akan kita kerjakan, estimasi waktu, biaya, resource, dan lebih mudah pengelolaan dan manajemen pekerjaan tersebut.

Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan. WBS sangat membantu dalam menyusun / mempersingkan suatu pekerjaan , dengan memulainya dari penyusunan krangka setiap sub yang akan dijelaskan antara lain : 

  • Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil . 
  • Pembuatan perencanaan. 
  • Pembuatan network dan perencanaan pengawasan. 
  • Pembagian tanggung jawab. 
  • Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas. 


Sedangkan ManfaatWork Breakdown Structure (WBS) :

  • Mengurangi kompleksitas
  • Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  • Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  • Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  • Perencanaan manajemen Risiko (Risk Management Planning)
  • Identifikasi aktivitas(Activity Definition)


Estimasi dari suatu pekerjaan dapat dicapai dengan membuat sedetail mungkin daftar pekerjaan yang akan kita kerjakan. Berikut ini saya akan mencoba membuat WBS ( Work Breakdown Structure ) dari penulisan ilmiah saya yang berjudul "PEMBUATAN APLIKASI PANDUAN MEMASAK SAJIAN SERBA COKELAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR"

Hal yang dilakukan pertama kali adalah memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan dan pokok bahasan atau materi-materi yang akan digunakan. Kemudian melakukan pengumpulan data-data baik berupa gambar ataupun artikel dari buku dan internet yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi.

Dalam aplikasi ini terdapat halaman pembuka, dimana halaman pembuka memiliki satu tombol untuk masuk ke menu utama. Di dalam menu utama terdiri dari 5 menu, yaitu resep, video, tentang aplikasi, profile, dan keluar. Menu resep memiliki sub menu yang berupa nama-nama sajian cokelat. Jika salah satu nama sajian cokelat tersebut dipilih, maka akan menampilkan resep sajian cokelat. Pilihan video menampilkan salah satu contoh cara pembuatan sajian cokelat berbentuk video. Pilihan tentang aplikasi pada menu utama berisi tentang aplikasi, sedangkan pilihan profile berisi biodata dari pembuat aplikasi. Menu keluar untuk keluar dari aplikasi. Gambar dibawah ini menunjukkan struktur navigasi aplikasi panduan memasak sajian serba cokelat.




Sumber : 


0 comments:

Posting Komentar