Setelah penjelasan singkat tentang Pasar Persaingan Sempurna, Pasar menurut
organisasinya masih terbagi menjadi Pasar Persaingan Tidak Sempurna.
Pengertian Pasar
persaingan tidak sempurna yaitu, para penjual maupun pembeli mempunyai
kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
Dalam hal ini berarti pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan
kualitas barang yang diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Dibawah
ini merupakan bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
1. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu
penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga
praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa
menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan
yang melebihi normal.
·
Ciri-ciri pasar
monopoli :
- Terdapat satu penjual
- Harga ditentukan penjual (monopoli)
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
- Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
- Terdapat satu penjual
- Harga ditentukan penjual (monopoli)
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
- Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
2. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat
banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini
sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket.
Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa
tetapi tidak sama.
·
Ciri-ciri pasar monopolistik
:
- Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
- Barang yang dijual berbeda corak
- Penjual/produsen harus aktif beriklan
- Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
- Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga
- Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
- Barang yang dijual berbeda corak
- Penjual/produsen harus aktif beriklan
- Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
- Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga
3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat
beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai
pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).
·
Ciri-ciri pasar oligopoli
:
- Terdapat beberapa penjual
- Barang yang dijual homogen atau beda corak
- Sulit dimasuki perusahaan baru
- Membutuhkan peran iklan
- Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
- Harga jual tidak mudah berubah
- Terdapat beberapa penjual
- Barang yang dijual homogen atau beda corak
- Sulit dimasuki perusahaan baru
- Membutuhkan peran iklan
- Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
- Harga jual tidak mudah berubah
SUMBER
:
1 comments:
Keren sob
www.kiostiket.com
Posting Komentar