Pasar
adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan
penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat
menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi
setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan
membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar
barang (barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi
beberapa macam,
di antaranya:
1) pasar
tradisional
2) pasar raya
3) pasar
abstrak
4) pasar
konkrit
5) toko
swalayan
6) toko serba
ada
b. Sedangkan
berdasarkan jenis barang yang
dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
1) pasar ikan
2) pasar
sayuran
3) pasar
buah-buahan
4) pasar
barang elektronik
5) pasar
barang perhiasan
6) pasar
bahan bangunan
7) bursa efek
dan saham.
Aktivitas usaha yang
dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen.
Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar
terhadap pembentukan harga barang di pasar.
Struktur
Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan
pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam
industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan
dalam kegiatan industri.
Pada
analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar
persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli, monopolistik dan
monopsoni)
SUMBER :
0 comments:
Posting Komentar